Gunung Penanggungan

Gunung penanggungan

Pendakian Pertama di Tahun 2018

      setelah hampir setahun tidak mendaki karena magang dan banyak kegiatan sekolah akhirnya saya memulai pendakian saya di tahun 2018 karena ajakan teman yang belum pernah naik gunung tetapi dia sangat ingin mendaki gunung.hari selasa tanggal 27 februari 2018 teman saya menghampiri saya dan menagih janji saya tahun lalu untuk mengajak mendaki.karena sudah janji dan saya juga "kebelet" daki akhirnya saya iyakan walaupun minggu depannya kami melaksanakan UASBN karena saya kelas 12 SMK.setelah mengobrol cukup panjang di tentukan tujuan dan tanggal pendakian ,penanggungan menjadi tujuan kami pada hari jumat tanggal 2 maret 2018,sesuai perjanjian juga H-1 pendakian kumpul di rumah saya untuk briefing 

2 Maret 2018

pukul 0600: sesuai waktu yang sudah di sepakati teman saya datang ke rumah saya dan menitipkan motornya karena kami akan ke penanggungan menggunakan satu motor berdua untuk penghematan

Pukul 0800: kami sampai di pos perijinan tamiajeng letaknya di desa tamiajeng dekat Ubaya training centre (UTC),mengurus administrasi dan membayar sebesar Rp 10.000/orang untuk retribusi dan Rp 5.000/motor untuk parkir,kita akan di beri semacam minimap dan trash bag untuk sampah kita turun nanti,setelah berbincang dangan penjaga pos kami memakirkan motor di warung dekat pos perijinan,setelah ngeteh sebentar dan melakukan final check and briefing kami memulai pendakian tidak lupa membeli nasi bungkus seharga Rp 10.000 untuk bekal makan siang di puncak

Pukul 0900: memulai pendakian ke Pos 2 di sini pos perijinan sudah terhitung pos 1,jalan dari pos 1 ke pos 2 lumayan ringan,bisa dibilang sebagai pemanasan,sekitar 15 menit perjalanan kami tiba di pos 2,ternyata teman saya yang terbilang baru di kegiatan outdoor ini memiliki fisik yang prima karena jalannya cepat dan ber irama,beristirahat sekitar 5 menit,

Pukul 0920: kami melanjutkan perjalanan,dari pos 2 ke pos 3 sudah mulai di temukan tanjakan yang lumayan melelahkan tetapi saya dan teman saya masih semangat berjalan jadi kami tiba di pos 3 sekitar

pukul 1000: disini teman saya terlihat mulai kelelahan,setelah tenaga cukup terisi kami melanjutkan perjalanan

pukul 1015: dan tiba di pos 4 pukul 1100 agak lama memang,karena fisik teman saya yang mulai kelelahan dan jalur yang mulai menanjak konstan(terus menerus) membuat ritme jalan kita melambat,cukup lama kita beristirahat di pos 4,karena rasa ingin sampai puncak sudah menggebu di dalam hati kita akhirnya dengan sekuat tenaga kami melanjutkan perjalanan ke puncak bayangan dengan tanjakan yang lumayan(dengkul sudah bertemu dengan muka) disini banyak sekali percabangan jalur yang semuanya menuju ke puncak bayangan jadi tidak usah khawatir tersesat hanya medannya saja yang berbeda-beda (silahkan mau lewat yang mana)

Pukul 1200: kurang sedikit kami sampai di puncak bayangan,langsung mendirikan tenda dan membuka bekal makan siang kita,setelah makan siang selesai acara di basecamp berlanjut (tidur,ngopi,makan,repeat) sampai malam


3 maret 2018

pukul 0300: alarm hp saya berbunyi membangunkan saya dan teman saya karena sesuai perjanjian semalam kita bangun jam 3 untuk summit attack, bersama dengan pendaki asal malang dan pasuruan yang kami ajak ngobrol semalam,setelah cukup mengisi perut dan tenaga dengan kopi(jangan ditiru!!!) kami memulai summit attack sekitar 2 jam perjalanan untuk mencapai puncak dengan trek yang berpasir dan sedikit licin

Pukul 0500: kami sampai di puncak,telat memang untuk menikmati sunrise lagi pula cuaca saat itu sedikit berkabut jadi hanya terang saja,setelah puas berfoto-foto

pukul 0700: kami mulai perjalanan turun ke basecamp setelah puas memasak sarapan dan packing 

pukul 1000: kami memulai perjalanan turun ke pos perijinan,terasa ringan saat turun tetapi karena habis hujan trek terasa licin,beberapa kali saya terpeleset karena sendal yang saya pakai sudah habis alurnya

pukul 1130: kami sampai di pos perijinan dan membersihkan diri di kamar mandi umum,

pukul 1200: setelah berpamitan dengan teman dari malang dan pasuruan kami akhirnya balik kanan bubar jalan ke rumah masing-masing





Summary
Tujuan: Puncak penanggungan
Via      : Tamiajeng
jalur pendakian: cocok untuk pemula
hari/tanggal : jumat-sabtu/02-03 maret 2018
ketinggian: 1653 MDPL
transportasi : sepeda motor 
Peserta :2 orang
Rincian biaya (per orang): 
  1. bensin Rp 10.000
  2. perijinan Rp 10.000
  3. parkir Rp 5.000
  4. logistik Rp 15.000
total = Rp 40.000
Nb= Tidak tersedia sumber air di sepanjang jalur pendakian,usahakan air yang dibawa cukup

                                 

Comments

Popular posts from this blog

Puncak watu jengger